Kasih sayang selalu butuh pengorbanan

Kamis, 11 Agustus 2011 0 komentar
(pic from google)


(backsound: Timang-timang: Anang dan Krisdayanti)

Kijang capsule, pukul 05.00 WIB, seperti biasa harus melakukan perjalanan dinas . Ditemani suara musik dangdut koplo yang kenceng banget, tapi entah kenapa, sang supir tiba-tiba aja mengganti kaset, ganti lagu dengan yang lebih mellow, ya.. mellow jaman dulu banget. Terdengar samar-samar gak tau juga siapa yang nyanyi, yang jelas ritme tempo dan ketukannya seperti Ponche Pondakh (Emang tau vo? | Enggak.. ngarang aja).

Awal-awal liriknya sih biasa aja, tapi setelah masuk Reff, kira-kira lirik yang saya ingat seperti ini:


Ini Bukan Derita Di Atas Luka, Tapi Perih di Ujung Cinta..

*Sadaaap... Langsung Galau Tingkat Kecamatan*


Okelah, daripada saya galau dengan setting tempo dulu yang kayaknya gak cool banget, mulailah si tangan bergerilya ke saku celana bagian kanan, ambil HP dan Headset. Nyetel musik random, jatuh pada Adhitia sofyan- Reality tiba-tiba keluar lirik:


and everytime I try to catch you, I stumble and fall

*Galau Tingkat Ibu Kota Propinsi*


Baiklah, daripada galau di mobil kijang capsul yang kayaknya gak keren banget, akhirnya ganti playlist dengan MP3 Quran-Syeikh Mishary, saatnya tidur...


***


Sampai juga akhirnya di pelabuhan speedboat, berhubung lagi rame, langsung dapet kapal yang waktu itu warnanya ijo dengan garis merah keungu-unguan. Penumpang ada 4 orang dewasa, Mas-mas Dokter PTT, Ibu-Ibu pegawai Dinas Kesehatan dengan tiga putri lucu dan imut, Bapak-bapak tua dengan penampakan dan status sosial gak jelas, serta pemuda berkacamata yang mirip banget sama afghan kecuali tinggi badannya, iya benar sekali.. itu saya.

Bapak-bapak tua dengan penampakan dan status sosial gak jelas itu langsung merebut tempat favorit saya, di kursi belakang. Gak tau gimana ceritanya tau-tau udah bengong dengan tatapan kosong duduk di jok belakang. Yasudahlah... akhirnya saya memutuskan untuk duduk di tengah bersama ibu-ibu Dinas Kesehatan dan tiga orang putrinya. (Kok gak di depan aja vo sama Mas-mas Dokter PTT? )Maaf... Badan masnya segede gaban.

Speedboat sudah dinyalakan, air muncrat kemana-mana. Posisi duduk waktu itu Sang Ibu di kanan memangku anak yang paling kecil masih balita, kakak paling tua sekitar umur 7-8 tahun duduk di sebelah saya, sedangkan yang nomer dua berdiri di tengah. Iya.. berdiri..

Walhasil, dengan rasa Iba yang hampir tumpah, akhirnya saya menawarkan diri untuk memangku anak kecil itu. Awalnya dia menolak takut, secara... dia belum kenal siapa saya, tapi setelah saya jelaskan bahwa saya bukan Lord Voldemort atau Rita Repulsa, dengan tatapan malu-malu tapi butuh, si anak menerima dengan terpaksa.

Anak itu wajahnya lucu, polos dan sepertinya kalo udah gede bakalan jadi cantik. Saya memangkunya seperti Ria Enes memangku Suzan, dan coba mengajukan pertanyaan ke anak kecil itu:
S: “Namanya siapa dek?”
A: “Ririn..”
S: “Lengkapnya?”
A: “Sabrina Mutia”
S: (Langsung Shock... seinget saya, temen saya sabrina gak seimut-imut ini.. wajahnya juga gak kayak suzan.. Saya hapus bayang-bayang nama sabrina, tidak ada kata sabrina hanya RIRIN vo.. RIRIN..) “Kelas Berapa dek? Umurnya berapa?”
Ibunya njawab : “Kelas satu om.. umur 6 tahun..”
S: “Waaah udah sekolah ya.. pasti di sekolah diajari nyanyi.. coba sih diajarin nyanyi apa di sekolah..”

Akhirnya anak itu nyanyi dengan riang gembira, dari bintang kecil sampe bintang di surganya peterpan.. semuanya hafal.. kami semua ketawa-ketawa aja.

Lalu setelah capek, anak itu bilang, “Ma dingin ma...” Si ibu bingung mau nyari gmn, secara tasnya ada di belakang, dia sekarang juga gendong anak kecil. Akhirnya dengan gagahnya Mas Afghan yang satu ini melepas jaket dan menyelimutkan ke anak kecil.

*Langsung Ngerasa Ganteng Maksimal*

Dan gak tau kenapa setelah di selimutin, Si Ririn langsung tidur di pundak dengan saya peluk erat-erat. Saya juga masih bingung kok ya mau-maunya anak ini saya pangku, apalagi tidur dalam dekapan. Sejenak waktu itu saya berpikir, mungkin anak kecil ini bisa merasakan ketulusan dan kasih sayang. Tapi kenapa ya.. orang-orang di sana selalu meragukan ketulusan. (orang-orang siapa sih vo? Paling juga si itu #hakdush o('3')==O)*3*)


Gak tau kenapa rasanya nyaman banget bisa meluk anak kecil yang tidur di pundak kita, seperti ada sifat kebapakan yang timbul dari dalam diri ini. Hingga akhirnya saya merasakan ada yang gak beres dari semua ini. Kaki kesemutan. Gak tau gimana caranya ngilangin semut-semut invisible di kaki ini.

Panik.

Sekitar lima belas menit perjalanan lagi, udah nyampe. Tapi rasa kesemutan itu semakin menjadi binal tak terkendali. Dan parahnya, Si Ririn makin pules tidurnya. Astagadragon.. Saat itu satu doa kecil terpekik di salam hati..

“Tuhan.. Hamba tau Engkau menyayangi hamba, Tolonglah hamba sembuhkanlah hamba dari penyakit kesemutan yang semakin menggelora, sungguh Ya Allah.. hamba lebih baik engkau uji dengan kesenangan demi kesenangan daripada engkau uji dengan kesemutan demi kesemutan ini.. Ya Allah... Subhaana Robbika Robbil ‘Izzati Amma Yasifuun Wasalaamun ‘Alalmursalin Walhamdulillahirrabbil ‘alamiiin..”


Akhirnya sampailah juga kita pada saat yang berbahagia, saya sampai di pelabuhan, sudah mirip cerita Colombus yang nemu benua Amerika. Si Ririn masih tidur dalam lelapnya. Si Ibu Dinkes berkata, “Terima kasih Banyak Mas ya.. Ibu banyak ngerepoti...Udah cocok mas jadi Bapak”

“Iya Bu Gak Papa...” jawaban dengan nada lirih. “Tolong angkat Si Ririn Bu..”

“Masih tidur ya mas? Kenapa mas?”Ibu membalas dengan penuh curiga

“Kaki saya kesemutan bu...” Semua orang ikut tertawa.. bahkan saya berdiri pun dibantu supir speedboat.

Memang benar.. selalu ada pengorbanan untuk memberikan kasih sayang..

Sekian.


0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Bravo | TNB