Pantai Cemara -Hidden Secret Beach of Middle Borneo-

Sabtu, 30 April 2011 3 komentar
(backsound We are the world - Michael Jackson)


Ya inilah hasil jalan-jalan kemaren,, yang saya ceritakan di twitter saya mencak-mencak teriak #SaveTheSeaTurtle.
ya, mungkin emang foto2 ini jauh dari sempurna.. tapi silahkan dinikmati saja..
(klik image untuk memperbesar)


ini dia yang namanya cemara di atas pasir pantai, udah kayak film-film korea aja..




nah kalo ini foto perjalanan pulang, kok g ada lampu vo? ya iyalah.. namanya juga hidden secret beach-(bahasa kerennya terpencil) listrik kalo malem disini mati -_-" #HarapMaksum




ini ceritanya jembatan menuju pulau, iya pulau ini dipisahkan oleh sungai yang tinggal salto dua kali udah bisa nyebrang pulau




ceritanya tiap tahunnya pulau ini nambah luas daratannya, seakan melawan teori abrasi air laut yang mengikis daratan.




Sepanjang mata memandang, hanya ada cemara.. cemara.. dan cemara dan ini juga jadi tempat buat Sea Turtle bertelur..




tapi naasnya menurut cerita nelayan sekitar, telur sea turtle diambilin nelayan buat dijual lagi, saya baru sadar kalo emang manusia itu serakah banget..




menurut info dari nelayan, Sea turtle itu juga sering kena jaring, setiap hari minimal satu jenis sea turtle kena jaring entah dari jenis labi-labi, maupun penyu hijau, besar atao kecil banyak yang kena.




Yaaa.. mungkin bisa dibilang karena Sukamara deket dengan Ketapang yang di sana ada penangkaran penyu jadi di sini bisa ada sea turtle yang nyasar gitu.




Tapi masak cuma ketapang doang yang diperhatiin penmerintah, kalo di sini juga diperhatiin pemerintah, kayaknya asik juga. Bisa bantu perekonomian warga sekitar juga kan.




Saya pengen bikin sesuatu di sini, karena saya ngerasa 22 tahun saya hidup saya ngerasa cuma numpang lewat aja, gak pernah berguna buat semua orang..




Emang sih di sini terpencil, tapi sekecil apapun usaha kita, bakal bernilai juga kok buat masa depan anak cucu kita dan masyarakat luas tentunya. So, saya kudu ngelapor sama siapa tentang semua ini biar Sukamara Kalimantan Tengah ini sedikit saja diperhatiin gitu. Biar SeaTurtle Indonesia gak habis..




Jujur, kalo saya sendiri bikin penangkaran sendiri gak tau caranya dan tentunya butuh biaya besar. Saya ingin bikin perubahan di sini. Walaupun kecil.. semua itu pasti akan berguna..


Because I Believe God Never Sleeps....

3 komentar:

  • Unknown mengatakan...

    Subhanallah bagus bgt pulaunya..
    But keep it 'secret', please!
    Emg perlu save the turtles,, tp gk setuju kalo pulaunya dieksploitasi jd t4 wisata.
    Org2 kikir di luar sana gk akan segan2 nyulap cemara2 jadi bangunan, pemandangan indah jd pemandangan haram cewek berbikini.. (> <#)
    One more point..
    Isn't it weird? ---> "tiap tahunnya pulau ini nambah luas daratannya, seakan melawan teori abrasi air laut"
    Baru denger ini selain kasus di Singapura *tapi itu tanahnya dari Indonesia seh -_-a

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Bravo | TNB